Heart Chat Bubble

Senin, 01 Mei 2017

AKUNTANSI INTERNASIONAL 10

Review Jurnal 10 (Perencanaan dan Pengendalian Manajerial)

Nama Jurnal
Akuntansi Manajerial
Volume / Halaman
Vol.2 No.2 / Hal. 1296-1305
Nama Penulis
Nurul Fitah Anwar
Herman Karamoy
Judul Jurnal
ANALISIS PENERAPAN METODE PENCATATAN DAN PENILAIAN TERHADAP PERSEDIAAN BARANG MENURUT PSAK NO 14 PADA PT. TIRTA INVESTAMA DC MANADO
Tanggal Jurnal
Juni 2014
Reviewer
Asih Liana, Neni Kuswanti, Noviani Wilda.Z, Revika Rusviana, Vikcy Amalia.H
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya kesesuaian penerapan metode pencatatan dan penilaian persediaan barang di PT.Tirta Investama dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.14 tentang Persediaan.
Metode Penelitian
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian yang dilakukan bersifat Deskriptif yaitu untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti sehingga memudahkan penulis untuk mendapatkan data yang objektif dalam rangka mengetahui dan memahami Metode Pencatatan dan Penilaian Persediaan Barang yang diterapkan oleh PT. Tirta Investama DC Manado.
Variabel Penelitian
Metode Pencatatan Persediaan
a. Metode perpetual
b. Metode periodik 
Metode Penilaian Persediaan
a. Identifikasi Khusus
b. Metode Biaya Rata-rata (Average)
c. Metode Masuk Pertama, Keluar Pertama (FIFO)
d. Metode Masuk Terakhir, Keluar Pertama (LIFO)
Hasil Penelitian
Adapun hasil penelitian nya adalah :
1. Metode pencatatan yang diterapkan pada PT.Tirta Investama DC (Distribution Centre) Manado dalam mencatat persediaan barang adalah Metode Perpetual. Sedangkan untuk metode penilaian persediaan menggunakan Metode FEFO (First Expired, First Out) yang didasarkan dari asumsi metode FIFO (First In, First Out). Metode FEFO mempunyai pengertian yaitu barang yang akan lebih dahulu kadaluarsa, barang itulah yang akan lebih dahulu untuk dijual.
2. Pengukuran persediaan pada PT.Tirta Investama DC Manado yang merupakan perusahaan dagang khusus distribusi produk hanya membebankan biaya pembelian tanpa adanya biaya penyimpanan, yang sebenarnya diperlukan untuk menjaga kualitas produk yang disimpan di pabrik. 
Kesimpulan Penelitian
Adapun kesimpulan penelitian ini adalah Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pencatatan dan penilaian persediaan barang yang diterapkan oleh PT.Tirta Investama sebagian besar telah sesuai dengan PSAK No.14 tentang persediaan. Pengukuran persediaan sebaiknya berpedoman dan mengikuti ketentuan yang telah ditetapan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang tertuang dalam PSAK No.14 sehingga semua biaya yang seharusnya diperhitungkan dalam pengukuran persediaan dapat terakumulasi dengan baik. 
Pendapat Mengenai Jurnal
Menurut saya, jurnal yang diteliti sudah bagus dalam penyusunan, dan jurnal ini cukup menarik dengan memaparkan pembahasan yang lengkap sehingga memberikan informasi yang sangat bermanfaat terkait dengan pencatatan dan penilaian persediaan barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar